Selasa, 04 September 2012

Welcome September !

And September has come. Bulan dimana aku seharusnya mengulangi lagi prosesi enam bulanan yang harus kujalani, di RSUP Sardjito. USG, cek darah, rontgen, lengkap dengan segala rasa cemas, takut dan harap semoga hasil tes menunjukkan bahwa sel kanker tidak terdeteksi, semoga hasil lab normal semua, yang berarti bahwa sementara aku aman dari keharusan mengulangi proses pengobatan, seperti teman-temanku yang kurang beruntung.

And September has come. Yang berarti aku harus datang ke RS Sardjito, ke poli tulip. Kalau saja aku bisa untuk tidak pernah lagi datang ke sana. Aku tidak ingin datang dan datang lagi ke sana. Sebagus apapun pelayanan di poli itu, sebaik apapun dokter dan para perawat di sana, masih saja tidak bisa menghapus rasa trauma dan kenangan burukku di sana. Dulu, selama aku menjalani kemoterapi, dan saat harus suntik leukoken. Dulu, berkali-kali aku datang ke sana, dalam kondisi fisik yang sakit dan psikis yang juga mungkin sebenarnya sakit. But I don't think I need a Psychiater, walaupun mungkin sebetulnya I need a Psychiater. Tapi sepertinya tidak sampai separah itu, walaupun setiap datang ke sana ada rasa tidak nyaman, tidak enak hati, takut, dan ingin secepatnya pergi dari sana. :( (Actually, I'm too weak to face the reality).

But however, I have to go there. I have no choice. And I hate this feeling. Aku benci perasaan bahwa bagaimanapun, aku harus tetap datang ke sana, bersabar menjalani semua proses pemeriksaan itu, bersabar menunggu hasilnya dengan hati cemas, takut dan galau. Aku benci dengan perasaan bahwa tidak ada pilihan lain bagiku. Inilah yang harus kujalani, selama minimal 5 tahun setelah semua proses pengobatan selesai. Aku telah menjalaninya selama 2 tahun, masih ada 3 tahun yang tersisa.

And September has come. Bulan yang penuh dengan kesibukan di sekolah, mempersiapkan siswa yang akan mewakili kabupaten, untuk maju ke tingkat Propinsi mengikuti Lomba Kompetensi Siswa Akuntansi. Tanggal 18 - 21 September besok, aku akan mendampingi siswa untuk berlomba di UNISBANK, Semarang. Sebelum itu, tanggal 10-12 September besok, aku bersama teman-teman mengadakan Workshop Komputer Akuntansi untuk seluruh guru akuntansi yang tergabung dalam MGMP Akuntansi SMK se kabupaten Cilacap. Dan sebelum itu, aku sibuk melengkapi berkas-berkas usul pengajuan penyesuaian angka kredit. Karena itu, belum terpikir kapan akan ke Sardjito.     Sebenarnya mungkin tidak harus di bulan September, hanya saja kunjungan terakhirku Maret kemarin, jadi enam bulan sesudahnya adalah September. Kapan sajalah, yang jelas aku masih harus datang ke sana.

“What Cancer Cannot Do”
Cancer is so limited…
It cannot cripple love.
It cannot shatter hope.
It cannot corrode faith.
It cannot eat away peace.
It cannot destroy confidence.
It cannot kill friendship.
It cannot shut out memories.
It cannot quench the spirit.
It cannot silence courage.
It cannot reduce eternal life.
(I think, I just have to believe it).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar